Tombol Like

MENDAKI GUNUNG SINABUNG

GUNUNG SINABUNG
Gunung Sinabung (bahasa Karo: Deleng Sinabung) adalah gunung api di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Sinabung bersama Gunung Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatera Utara dan menjadi puncak tertinggi di provinsi itu. Ketinggian gunung ini adalah 2.460 meter.

PERJALANAN KEGUNUNG SINABUNG

Momen pergantian tahun atau malam tahun baru adalah momen yang di tunggu-tunggu oleh kebanyakan orang, kitapun yang tegabung dalam PARGOND tidak mau ketinggalan mengabadikan momen ini. Rembuk punya rembuk akhirnya kita memutuskan untuk camping dan naik gunung, maka tejadilah perjalanan kegunung sinabung. naik mini bus dari kota medan menuju berastagi, setelah sampai di berastagi kita melanjutkan naik angkot ke perkemahan di bawah kaki gunung sinabung. setiba di perkemahan sudah bayak tenda-tenda yang berdiri, sehingga kita memutuskan untuk mendirikan tenda di seberang danau atau di kaki deleng lancuk.

(Lokasi perkemahan)

Setelah mendirikan tenda dan hari sudah sore hari hampir gelap kita masak nasi, mie dan ikan kaleng biasa makannan paling gampang di buat pada saat camping.

(Gunung sinabung)

Pagi harinya satuhari sebelum malam tahun baru kita memutuskan untuk naik deleng lancuk dulu sebagai pemanasan sebelum naik sinabung tapi ada juga yang memilih untuk menyebrang pakai rakit (susunan bambu) dan perahu kayu kecil yang kebetulan ada di seberang danau tempat kita dirikan tenda.

Ni dia yang memilih menyebrang pake perahu kecil sekalian pemanasan otot tangan :

(Perahu kecil lauk kawar)

(Anggota PARGOND)

Dan yang memilih mendaki deleng lancuk bergegas juga mendaki itung-itung sebegai pemanasan untuk mendaki sinabung.

Siang hari kita turun dari deleng lancuk makan siang dan sore harinya kita memutuskan untuk bergabung di perkemahan di seberang danau supaya rame merayakan malam tahun barunya sambil main kembang api, sekalian mempersiapakan perelengkapan untuk mendaki sinabung karna kita memutuskan naik ke atas jam 24.00 tengah malam setelah main kembang api di bawah, kenapa kita memutuskan naik tengah malam supaya pas sampai kita di sambut dengan sunrise dipuncak gunung sinabung.

(Malam tahun baru menunggu jam 24.00)

Perjalanan dari perkemahan kaki gunung ke puncak sinabung di tempuh kurang lebih 6 jam pada saat itu di karnakan terlalu banyak orang yang mendaki ke atas untuk mengabadikan moment pergantian tahun sehingga jalan macet (tidak di jalan raya aja yang macet) sehingga di perjalanan kita sering kali gerasak gerusuk menerobos untuk melewati gerombolan pendaki lainnya karna tidak sabar berjalan pelan-pelan. saran saya apabila mau mendaki pada saat moment liburan atau hari besar banyak-banyak membawa air minum karna pengambilan air minum hanya ada satu pandan namanya di bawah sebelum mendaki bebatuan cadas gunung api, dan pada saat moment seperti ini antrainnya panjang dan bisa sampai 1 jam mengisi air di botor besar mineralwater karna sumber airnya hanya tetesan saja.

(Puncak sinabung)

Sesampai di puncak kita hanya menikmatin sunrise dan mengabadikan moment dengan foto-foto sekitar 2 jaman kita memutuskan langsung turun supaya tidak kemalaman di perjalanan karna kita memutuskan hari itu juga untuk bergegas kembali ke kota medan.
Satu lagi saran saya apabila anda mau kembali ke kota medan, kalau bisa carter mobil saja karna moment seperti ini mini bus buat angkutn umum full terisi semua. Pas kita pulang kita tidak dapat bus sehingga kita naik truck rame2 dengan anak2 mapala (pendaki) laninnya hari hujan lagi. ok demikian perjalanan kita ke gunung sinabung tunggu pertualangan berikutnya...salam TAMBANG...hijau..(karna saya anak tambang ITM)

0 Response to "MENDAKI GUNUNG SINABUNG"